MANUNI, Flaviana (2016) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (48kB) |
Abstract
Minat adalah kecenderungan yang mengarahkan seseorang terhadap bidang-bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya paksaan dari siapapun. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki empat fase sebagai sintaks yang diterapkan dalam pembelajaran yang berfungsi untuk melibatkan lebih banyak peserta didik dalam menelaah maeri yang tercakup dalam suatu materi pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 ini adalah 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton? 2) Bagaiamana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton? 4) Bagaimana hubungan minat belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togeher (NHT) materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2016/2017? 5) Adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model npembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) materi pokok hukum newton. 4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numberd Head Together (NHT) materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2016/2017. 5) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numberd Head Together (NHT) peserta didik kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsrvasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, Tes Hasl Belajar (THB) dan angket minat belajar. Teknik analisis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian dan analisis data dikatakan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dikatakan baik. 2) Ketuntasan Indkator Hasil Belajar kognitif, afektif, dan psikomotor dikatakan tuntas. 3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik untuk THB kognitif, afektif dan psikomotor dikatan tuntas. 4) Ada hubungan yang signifikan antara minat dan hasl belajar dilihat dari nilai, thitung > ttabel yaitu 3,548 > 2,064. 5) Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara minat terhadap hasil belajar dilihat dari nilai, Fhitung> Ftabel yaitu 11,022 > 4,22 dan sumbangan minat terhadap hasil belajar adalah KP = 34,81%, maka tolak Ho dan terima Ha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Minat belajar, NHT, Hukum Newton |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 06:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 06:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10791 |
Actions (login required)
View Item |