NDAWANG, Serviana (2016) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (103kB) |
Abstract
Masalah yang dihadapi di SMP Negeri 1 Kupang adalah siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Student Teams Echievement Division. Namun apakah pembelajaran ini efektif atau tidak, maka perluh dilakukan penelitian. Masalah yang diangkat adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Student Teams Echievement Divisionefektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Student Teams Echievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016 Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII C yang berjumlah 20 0arang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design. Data dikumpul melalui observasi dan test, dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) hasil postest lebih tinggi dari preetest dengan rerata hasil belajar siswa perindividu adalah 82,75 (tuntas); (ii) hasil belajar siswa secara klasikal adalah tuntas yaitu 95 % berada di atas dari ketentuan Depdiknas ≥ 80 %; (iii) Rerata proporsi ketuntasan indikator adalah 0,91(tuntas); (iv) dan sensivitas butir soal adalah 0,76 ≥ 0,30; (v) kemampuan guru dalam mengelola pembelaran terkategori baik yaitu 3,63 atau 98,97 %, (vi) keaktivan siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah yang paling dominan adalah memperhatikan penjelasan guru yaitu 24,66%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan STAD efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Student Teams Echievement Division, Ekosistem, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 00:59 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 00:59 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11275 |
Actions (login required)
View Item |