Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

SITI, Yustina (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam menggunakan (mengelola) emosinya secara efektif untuk mencapai tujuan, membangun hubungan yang produktif dengan orang lain dan meraih keberhasilan. Keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu proses untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang menuntut siswa beraktivitas sebagaimana seorang ahli sains. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah kecerdasaan emosional peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan dalam penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Mengetahui kecerdasaan emosional peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian peserta didikkelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019, termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 36,1 (2) Kecerdasan emosional peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang sangat tinggi dengan persentase rata-rata sebesar 84,48% (3) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 sangat baik dengan nilai rata-rata 85,26. (4) a. Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koofisien korelasi (rx1x2y1) = 0,869 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 43,093 > 3,340. b. Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukumhukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koofisien korelasi (rx1x2y2) = 0,736 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 16,527 > 3,340. (5) a. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahuan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi berganda Y ˆ 1,196 + 0,122 X1 + 0,88 X2 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 43,0925 > 3,340. b. Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi berganda ̂ = 17,8908 + 0,367��1 + 0,457��2 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 16,527 > 3,340.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Pemecahan Masalah, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik, Hasil Belajar Keterampilan Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:18
Last Modified: 16 Feb 2023 06:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item