BITA, Agustina (2019) Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
Sikap proaktif merupakan sebuah disposisi dalam mengambil inisiatif pribadi untuk mempengaruhi lingkungan seseorang. Kemampuan numerik merupakan kemampuan untuk memahami konsep yang berkaitan dengan angka-angka. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan sebuah struktur pembelajaran kooperatif yang sederhana yang dapat mengoptimalkan partisipasi siswa mengeluarkan pendapat, dan meningkatkan pengetahuan. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah sikap proktif siswa siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan numerik siswa kelas kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap proaktif dan kemampuan siswa terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui sikap proaktif siswa kelas kelas kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Mengetahui kemampuan numerik siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (4)Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap proaktif dan kemampuan numerik siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembalajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju rekasi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5)Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap proaktif dan kemampuan numerik trhadap hasil belajar siswa yang yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari analisis data diperoleh : (1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) sikap proaktif siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 baik dengan presentasi rata-rata 86%. (3) Kemampuan numerik siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori istimewa dengan nilai TPA rata-rata 721. (4) Ada hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai korelasi ( = 0,804 dan nilai Fhitung >Ftabel atau 39,45>3,354 (5) Ada pengaruh yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi ganda dengan nilai Fhitung >Ftabel atau 24,743>3,354.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Proaktif, Kemampuan Numerik, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 06:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 06:38 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11585 |
Actions (login required)
View Item |