Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

DONA, Elisabet (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Efektif terhadap hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kupang. Subyek dalam penelitian adalah kelas VIII H. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group PrettestPosttest Design dan data dikumpul melalui tes,observasi dan data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, (81,54) tuntas dan secara klasikal, tuntas (99%) tuntas. Rerata indikator 0,87 (tuntas), dan 0,48 (sensitifitas) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,84 (baik), sedangkan skor rerata Reliabilitas guru dalam mengelola pembelajaran 95 (baik). Kesimpulan dari Penelitian yaitu bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIH pada materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Negeri 1 Kupang Tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Gerak Pada Tumbuhan, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:34
Last Modified: 01 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item