TAFAIB, Alexander Fitalis (2021) Efektivitas Penggunaan Latihan Asertif Melalui Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (966kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (421kB) |
Abstract
Judul skripsi: efektivitas penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Masalah yang dikaji dalam skripsi adalah a) Mengapa latihan asertif melalui bimbingan kelompok digunakan untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik? b) Bagaimana prosedur penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik? c) Apakah penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok efektif untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik?. Tujuan penulisan skripsi adalah mengetahui a) Alasan penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatakan komunikasi interpersonal peserta didik, b) Prosedur penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik, c) dan mengetahui efektivitas penggunaan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik. Penulisan skripsi ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Objek kajian dalam skripsi ini adalah tentang latihan asertif, bimbingan kelompok, dankomunikasi interpersonal. Sumber data yang digunakan dalam skripsi ini adalah sumber data sekunder. Hasil kajian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa latihan asertif dapat digunakan untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik karena latihan asertif merupakan suatu teknik untuk membantu peserta didik mengekspresikan perasaan positif dan negatif secara jujur, terbuka, dan tegas. Kemampuan berkomunikasi secara jujur, terbuka dan tegas kepada orang lain akan dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Prosedur penerapan latihan asertif untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik dilaksanakan melalui bimbingan tahaptahap sebagai berikut: identifikasi keadaan yang menimbulkan persoalan, rasional strategi, membedakan perilaku, bermain peran, pemberian umpan balik serta pemberian model perilaku yang lebih baik, melaksanakan latihan dan praktik, mengulang latihan, tugas rumah dan tindak lanjut serta terminasi. Penerapan latihan asertif melalui bimbingan kelompok efektif untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik. hal ini terbukti dalam penelitian yang dilakukan olehAl’ Ain dan Mulyana (2013), Widyanti (2013), Akbar dkk, (2020), Sulistyana (2016), dan Widayanti (2013). Berdasarkan hasil kajian di atas, peneliti dapat memberikan saran kepada 1) Guru BK diharapkan untuk lebih meningkatkan keterampilan dalam menggunakan teknik konseling, khususnya latihan asertif untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik 2) Peneliti diharapkan agar lebih memahami dan terampil menggunakan latihan asertif melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 00:29 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 00:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12167 |
Actions (login required)
View Item |