Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Aktualisasi Diri (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

DOTAT, Sefrianus (2017) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Aktualisasi Diri (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER SKRIPSI -ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan aktualisasi peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) kepercayaan diri dan variabel terikat (Y) aktualisasi diri. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017, yang dibuktikan dengan rhitung = 0,660> rtabel = 0,413 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan = N-2 db=25-2=23 dan berdasarkan kaidah penelitian, maka hasil analisis hubungan antara variabel kepercayaan diri dan aktualisasi diri diketahui hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi: tidak ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 ditolak; sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan, diketahui bahwa secara umum hasil penelitian ini menunjukkan rhitung sebesar 0,660. Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan pada db= n-2=23maka rhitung >rtabel atau 0,660>0,413,dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik kelas IXB SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan kesimpulan di atas maka peneliti memberikan saran kepada :1) Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggungjawab sekolah supaya meningkatkan kerja sama dengan wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua dan konselor sekolah untuk mendampingi peserta didik agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik. 2) Guru BK diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bersama personil sekolah dan orang tua siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan aktualisasi diri peserta didik. 3) Guru mata pelajaran diharapkan untuk menciptakan suasana yang kondusif dan dapat menggunakan metode-metode pembelajaran yang mendukung dan meningkatkan kepercayaan diri dan aktualisasi peserta didik. 4) Peserta didik diharapkan lebih semangat dalam memupuk kepercayaan diri dan aktualisasi diri sehingga dapat memperoleh banyak pengetahuan yang dapat berguna kelak di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:48
Last Modified: 21 Jan 2020 01:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item