Analisis Manajemen Pelayanan Kartu Identitas Anak Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang

TARTI, Herlinda (2023) Analisis Manajemen Pelayanan Kartu Identitas Anak Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Skripsi berjudul “ Analisis Manajemen Pelayanan Kartu Identitas Anak Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Kartu Identitas Anak atau biasa disebut dengan KIA merupakan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan pada tahun 2016 oleh Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) Tentang Kartu Identitas Anak sebagai program baru dalam bidang administrasi kependudukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengetahui Manajemen Pelayanan Kartu Identitas Anak Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi serta data penelitian terdahulu yang dapat menunjang penelitian. Wawancara yang dilakukan bersama 5 orang narasumber dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dan 4 orang narasumber yang merupakan masyarakat Kota Kupang. Hasil penelitian menemukan bahwa: Sarana dan prasarana penunjang pelayanan KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Kupang belum cukup terpenuhi, pembagian tugas pegawai sesuai dengan keahlian masing-masing dan sudah sesuai dengan fungsinya, pengelompokan kegiatan dalam pelayanan KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang yaitu bagian pemeriksaan data, bagian pencatakan atau penerbitan KIA, bagian pendataan serta bagian pembagian KIA. Serta menemukan pengawasan yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dilakukan dengan dua cara yaitu pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Berdasarkan hasil temuan dilapangan penulis menyimpulkan bahwa manajemen pelayanan Kartu Identitas Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang cukup baik. Penulis juga menyarankan kepada kantor DISDUKCAPIL Kota Kupang bahwa pegawai perlu teliti dalam memasukan data agar tidak ada kesalahan identitas diri anak- anak pada saat membutuhkan pelayanan lainnya serta memperhatikan sarana dan prasarana penunjang pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pelayanan, Kartu Identitas Anak (KIA)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Herlinda Tarti
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:35
Last Modified: 03 Aug 2023 00:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item