DANGA RANY, Paulinus Edison (2019) Peningkatan Kemampuan Bermain Cajon Dalam Kolaborasi Instrumental Melalui Metode Drill Dalam Pola Ritme Funk Bagi Mahasiswi Semester II Dan IV Minat Musik Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
COVER.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (734kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
Cajon merupakan alat musik yang masuk dalam kategori perkusi yang mempunyai karakteristik tersendiri, berasal dari Peru dan diperkirakan sudah ada sejak abad 18, yang dimainkan oleh para budak sebagai sebuah bentuk perlawanan terhadap Pemerintah Kolonial Spanyol. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang merupakan salah satu Universitas yang memiliki Jurusun Bahasa dan Seni (Prodi Pendidikan Musik), yang merupakan jurusan yang bergelut di bidang seni. Setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara peneliti menemukan beberapa masalah mengenai lebih banyak didominasi dan dimainkan oleh mahasiswa serta minimnya ruang yang diberikan kepada mahasiswi kita untuk bermain instrumen musik , maka dari itu penulis menyadari bahwa perlu adanya ruang yang diberikan untuk mahasiswi agar mereka bisa terlibat dan meningkatkan pengetahuan praktik musik ritmis, melodis dan harmonis serta meningkatkat pengetahuan dari berbagai jenis musik salah satunya pola ritme Funk. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bermain alat musik cajon yang dikolaborasikan dengan instrument musik lainnya melalui metode Drill dalam pola ritme Funk pada Mahasiswi Semester II dan IV kelompok minat perkusi Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan praktek alat musik cajon melalui metode drill dalam pola ritme funk pada Mahasiswi kelompok minat perkusi Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Semester II dan IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. ` Hasil penelitian menunjukan bahwa proses meningkatkan kemampuan bermain alat musik cajon bagi mahasiswi semester II dan IV kelompok minat musik pada program studi pendidikan musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang melalui tahap-tahap yaitu : Tahap awal terdiri dari pemilihan anggota, penentuan jadwal latihan dan pemberian materi serta instumen pada partitur. Tahap inti yaitu proses latihan dimulai sesuai jadwal yang ditentukan. Tahap akhir yaitu pementasan. Berdasarkan hasil pementasan ini, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan bermain alat musik cajon yang dikolaborasikan dengan instrumen musik lainnya membawa perubahan pada mahasiswi semester II dan IV yang yang mengikuti proses pembelajaran ini, serta member pengetahuan baru tentang cara bermain alat musik cajon. Melalui metode tindakan lapangan ini, diharapkan dapat membantu mahasiswi untuk kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan, kemampuan, instrumental, cajon, ritme funk,penelitian tindakan lapangan, metode drill. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:15 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 03:15 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
View Item |