Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep KPK Dan FPB

SORU, Norby Suhendra (2017) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep KPK Dan FPB. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2 PDF.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 3 PDF.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 4 PDF.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 5 PDF.pdf

Download (103kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu bagaimana kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa SD untuk siswa berkemampuan matematika tinggi,siswa berkemampuan matematika sedang dan siswa berkemampuan matematika rendah pada meteri KPK dan FPB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa SD pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas pemecahan masalah kepada siswa. Setelah mengerjakan tugas pemecahan masalah kemudian langsung dilakukan wawancara mengenai hasil pekerjaan siswa tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan tiga orang siswa yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah sebagai subjek penelitian. Penilaian kesulitan belajar matematika didasarkan pada tugas pemecahan masalah yang diselesaikan oleh subjek dengan berpatokan pada empat indikator kesulitan belajar yaitu kesulitan belajar fakta, kesulitan belajar konsep, kesulitan belajar operasi dan kesulitan belajar prinsip. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi tidak mengalami kesulitan dalam belajar matematika pokok bahasan kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Sedangkan subjek sedang dan rendah terlihat masih mengalami kesulitan belajar konsep, kesulitan belajar operasi dan kesulitan belajar prinsip. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru sebaiknya untuk memperbaiki prestasi belajar siswanya, sebaiknya dicari tahu dahulu apa yang menjadi kesulitan belajar siswanya. Sehingga bantuan yang akan diberikan oleh gurupun tepat sasaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:22
Last Modified: 27 Jan 2020 03:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item