Pembelajaran Pola Ritme Dasar Dengan Metode Solfegio Pada Anak-Anak Sekami Wilayah Thamrin B Paroki Santa Maria Asumpta Kupang

LATU, Veronika Charolinda Pare (2018) Pembelajaran Pola Ritme Dasar Dengan Metode Solfegio Pada Anak-Anak Sekami Wilayah Thamrin B Paroki Santa Maria Asumpta Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)

Abstract

Kenyataan yang terjadi pada anak-anak SEKAMI wilayah Thamrin B paroki Santa Maria Asumpta Kupang adalah anak-anak dapat bernyanyi dengan baik dengan cara meniru namun tidak pernah belajar tentang pola ritme yang merupakan dasar dari pembentukan musik dalam pengetahuan bernyanyi. Faktor penyebabnya adalah karena anak-anak tidak pernah diajarkan pengetahuan tentang pola ritme. Oleh sebab itu peneliti membuat penelitian dengan judul “Pembelajaran Pola Ritme Dasar Dengan Metode Solfegio Pada Anak-Anak Sekami Wilayah Thamrin B Paroki Santa Maria Asumpta Kupang”. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yakni bagaimana upaya yang dilakukan dalam pembelajaran membaca pola ritme dasar bagi anak-anak Sekami wilayah Thamrin B paroki Santa Maria Asumpta Kupang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran membaca notasi bagi anak-anak Sekami wilayah Thamrin B Paroki Santa Maria Asumpta Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Solfegio. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran membaca pola ritme dasar bagi anak-anak Sekami wilayah Thamrin B paroki Santa Maria Asumpta Kupang dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal peneliti merekrut 15 anggota Sekami , tahap inti proses latihan untuk mempelajari pola ritme dasar dengan metode solfegio yang difokuskan pada kegiatan pemberian pengetahuan dasar tentang notasi angka dan notasi balok, latihan dasar membaca etude-etude pola ritme, latihan mendengar dengan memainkan pola ritme dengan tanda birama 4/4 dalam lagu “BETAPA INDAH RUMAHMU TUHAN dan pementasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pola ritme dasar dengan metode solfegio bagi anak-anak Sekami paroki Santa Maria Asumpta Kupang membawa perubahan dan pengetahuan dalam membaca pola ritme dan mampu bernyanyi. Dengan metode solfegio yang digunakan dalam penelitian ini mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anak-anak Sekami melalui langkah-langkah metode solfegio yakni mendengar, membaca, dan menyanyi. dalam mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola ritme dasar, metode solfegio, dan anak-anak Sekami.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:57
Last Modified: 28 Jan 2020 03:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item