MITE, Maria Serlin (2017) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa(Studi Deskriptif Kuantitatif pada SiswaKelas VIII ISMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017?Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) motivasi belajar dan variabel terikat (Y) disiplin belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII ISMP Negeri 4 Kupang.Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII I SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang.Teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis.Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket .Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIII ISMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan rhitung=0,490 lebih besar dari rtabel =0:456 pada taraf signifikansi 1%. Hipotesis nol (Ho) menyatakan tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) menyatakan ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa diterima.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengemukakan saran kepada: 1)Kepala Sekolah, agar bekerja sama dengan seluruh personil secara lebih baik dalam meningkatkan pemberian motivasi belajar dan disiplin belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa sesuai dengan Visi dan Misi sekolah, 2) Guru BK, agar dapat membangun kerjasama yang lebih baik dengan kepala sekolah, para guru dan personil sekolah lainnya untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa sehingga siswa memiliki disiplin belajar dan meningkatkan prestasi belajar, 3) Guru Mata Pelajaran, sebagai tenaga pendidik agar dapat mendorong siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar secara lebih baik, 4) Siswa, agar lebih tekun dan disiplin dalam meningkatkan motivasi diri, sehingga memiliki disiplin dalam belajar demi mencapai cita-cita yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Andreas M. Pati |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 00:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 00:54 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1448 |
Actions (login required)
View Item |