Profil Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi

ELAN, Maria Santria (2023) Profil Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi. Undergraduate thesis, Unversitas Katolik Widiya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)

Abstract

Judul skripsi : Profil kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 dan implikasinya bagi program bimbingan pribadi. Rumusan masalah: 1) Bagaimana profil kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023?, 2) Apa implikasi profil kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023, bagi program bimbingan Pribadi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Profil kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023, 2)Implikasi dari profil kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023, bagi program bimbingan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kecendrungan pusat. Hasil analisis data sebagai berikut skor rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas XI MIA SMA Katolik Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2022/2023 sebesar 145,95 berada di antara rentangan skor 143-179, termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa skor rata-rata aspek mengenal emosi sendiri sebesar 25,29 berada di antara rentangan skor 20-25 termasuk kategori tinggi, skor rata-rata aspek mengelola emosi sebesar 27,00 berada di antara rentangan skor 26-32 termasuk kategori sangat tinggi, skor rata-rata aspek memotivasi diri sendiri sebesar 42,97 berada di antara rentangan skor 39-48, termasuk kategori sangat tinggi, skor rata-rata aspek mengenal emosi orang lain sebesar 24,21 berada di antara rentangan skor 20-25 termasuk kategori tinggi, skor rata-rata aspek membina hubungan sebesar 27,09 berada di antara rentangan skor 26-32 termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah selaku penanggung jawab untuk terus mengkoordinir konselor atau guru BK dalam melaksanakan bimbingan pribadi dengan baik, guna membantu siswa dalam mengatasi masalah agar bisa mempertahankan kecerdasan emosional siswa yang sudah baik. b) Guru bimbingan konseling diharapkan untuk merancang dan mengembangkan program bimbingan pribadi guna mempertahankan kecerdasan emosional siswa yang sudah baik. c) siswa diharapkan untuk secara aktif memanfaatkan program bimbingan pribadi yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling untuk mempertahankan kecerdasan emosional yang sudah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil kecerdasan Emosional Siswa dan Program Bimbingan Pribadi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S. Pd Maria Santria Elan
Date Deposited: 03 Oct 2023 05:08
Last Modified: 03 Oct 2023 05:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item