Penerapan Model Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Di SMP N. Nunusunu

NUBATONIS, Mira Defince (2024) Penerapan Model Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Di SMP N. Nunusunu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (364kB)

Abstract

Model probing prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali, sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Hasil belajar peserta didik masih rendah hal ini cenderung akibat guru hanya memberikan tugas tanpa adanya penjelasan secara rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model probing prompting dalam pembelajaran IPA/FISIKA. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel peserta didik kelas VIII A SMP N. Nunusunu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 10 butir soal. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan dengan hasil uji N-Gain 0,71 dengan kriteria tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model probing prompting dalam pembelajaran IPA/FISIKA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Pd MIRA DEFINCE NUBATONIS
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:39
Last Modified: 08 Mar 2024 06:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15596

Actions (login required)

View Item View Item