MILIK, Victorya Asisia Sabina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia di SMA Negeri 2 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (233kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Kupang diketahui bahwa hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Kupang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu ceramah dan discovery learning. Penggunaan model inquiry mampu mendorong pemahaman peserta didik tentang materi yang dipelajari melalui proses pertayaan dan penyelidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiankuantitatif dengan metode quasi Exsperiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purpose sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest sebesar 52,77 dan pretest 78,61. Hasil uji anacova menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig )kelas yang didapat yaitu 0,001 oleh karena signifikan <0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inquiry, Hasil belajar, Materi sistem sirkulasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Victorya Asisia Sabina Milik |
Date Deposited: | 06 May 2024 05:24 |
Last Modified: | 06 May 2024 05:24 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16052 |
Actions (login required)
View Item |