Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 5 Kupang

Lewerang, Alexandro Boli (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 5 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (462kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan sebuah parameter untuk mengukur ketercapaian suatu proses pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan observasi di SMA Negeri 5 Kupang pada kelas XI MIA ditemukan hasil belajar peserta didik belum memenuhi kriteria ketercapain tujuan pembelajaran (KKTP). Materi sistem gerak pada manusia perlu diajarkan dengan model yang melibatkan peran aktif peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam pemecahan suatu permasalahan sehingga pemahaman peserta didik terbentuk berdasarkan pengelaman secara langsung dan tidak hanya sekedar mencari fakta berupa teori saja. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh guru karena pembelajaran berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA materi sistem gerak pada manusia di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan motede Quasi Ekspermen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Kupang, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas XI MIA E sebagai kelas ekperimen dengan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIA D sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dianalisis dengan dengan dua teknik analisis data yakni analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 25 Pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing di peroleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,44% dan Setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan rata-rata pada posttest sebesar 83,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Pada kelas kontrol setalah di berikan pretest nilai rata-rata 42,09%, meningkat menjadi 70,98% setelah diberiakan perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji anacova, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada materi sistem gerak pada manusia di SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Materi sistem gerak pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd ALEXANDRO BOLI LEWERANG
Date Deposited: 21 May 2024 06:00
Last Modified: 21 May 2024 06:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16151

Actions (login required)

View Item View Item