Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Smp Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

DHEJU, Anggalina (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Smp Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik di SMP Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dalam proses pembelajaran yang disajikan oleh guru di dalam kelas. Model Problem Based Learning menghadapkan siswa pada masalah sebagai acuan dalam belajar, dengan kata lain peserta didik belajar melalui masalah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX materi sistem reproduksi pada manusia di SMP Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang diguankan adalah Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data, yakni menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian kelas eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest adalah 57,14 dan posttest sebesar 89,28. Hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig.) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yakni 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis Hₐ yang menyatakan ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX materi sistem reproduksi pada manusia di SMP Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil belajar, Materi sistem reproduksi pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Anggalina Dheju
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:27
Last Modified: 19 Jun 2024 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item