Perencanaan Dan Perancangan Terminal Bus Tipe (B) Di Distrik Covalima Timor-Leste (Pendekatan Transformasi Arsitektur Vernakular)

RIBEIRO, Pedro Vasco (2024) Perencanaan Dan Perancangan Terminal Bus Tipe (B) Di Distrik Covalima Timor-Leste (Pendekatan Transformasi Arsitektur Vernakular). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Seiring tumbuhnya perekonomian, sarana dan prasarana transportasi semakin dibutuhkan demi lancarnya mobilitas penumpang maupun barang. Salah satu komponen pendukung dari sistem transportasi adalah terminal yang berfungsi dalam pengendalian, pengawasan, dan pengaturan sistem angkutan penumpang dan barang serta menjadi salah satu titik simpul dari jalur-jalur angkutan umum. Beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada terminal-terminal yang telah ada adalah tidak adanya sarana dan prasarana yang memadai serta banyaknya angkutan umum yang sering parkir di sembarang tempat. Sebagai penghubung antar kota dan Sub-distrik/Kecamatan, Bengkayang belum memiliki sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan kegiatan transportasi. Pembangunan terminal yang baru harus berdasarkan standar-standar yang telah ada dan dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang pelayanan bagi kenyamanan, keamanan dan kemudahan pengguna jasa terminal serta dirancang dengan jalur sirkulasi yang dapat memudahkan dalam pengangkutan barang maupun penumpang di Bengkayang. Metode perancangan yang digunakan ialah metode lima langkah yaitu tahap gagasan, pengumpulan data, analisis data, pra rancangan dan pengembangan perancangan. Hasil akhir perancangan ialah penerapan konsep tiga fungsi ruang yang dibagi sesuai dengan kebutuhannya agar tiap fungsi dapat beroperasi dengan tidak menganggu kelancaran sirkulasi. Sedangkan konsep massa yang diterapkan ialah konsep massa tunggal. Konsep ini dapat memberikan kemudahan mengakses terminal tanpa ada persilangan sirkulasi antara kendaraan dan penumpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terminal, Transportasi, Angkutan Umum
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Pedro Vasco Ribeiro
Date Deposited: 10 Oct 2024 00:28
Last Modified: 10 Oct 2024 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16772

Actions (login required)

View Item View Item