LULU, Hidayanti (2018) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (824kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (675kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (567kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (688kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan Inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi peserta didik untuk melakukan eksperimen sendiri di bawah bimbingan guru, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Mendeskripikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Mendekripsikan ketuntasan hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas MIA 1 SMAN 9 Kupang yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, Tes Hasil Belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) dan Angket Respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, presentase dan proporsi. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Kisi-kisi dan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan inkuiri terbimbing yang mencakup: tahapa perencanaan 3,83, tahap pelaksanaan 3,86, tahap eveluasi 3,91, ketuntasa indikator hasil belajar meliputi: inkator hasil belajar kognitif 0,82,indikotor hasil belajar afekti 0,96 , ketuntasan hasil belajar, meliputi: ketuntasan hasil belajar kognitif 0,89, ketuntasan hasil belajar afektif 0,95, ketuntasan indikator hasil belajar psikomotor 0,93 dan respon peserta didik dalam pembelajaran yakni 91%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1680 |
Actions (login required)
View Item |