GISELA, Merliana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (490kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (331kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf Download (429kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kenyataan ini menunjukkan bahwa masih rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode mengajar yang masih berpusat pada guru tanpa adanya peran aktif dari peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Eksresi Pada Manusia Di SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing rata-rata nilai pretest 58,45 dan posttest 83,90, serta rata-rata N.Gain adalah 0,63 yang termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung rata-rata nilai pretest 47,5 dan posttest 74,84, serta rata-rata nilai N-Gain adalah 0,50 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan nilai signifikansi 0,002 yang lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem eksresi pada manusia di SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Merliana Gisela |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 07:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17545 |
Actions (login required)
View Item |