Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA St Arnoldus Janssen Kupang Tahun Ajaran 2023/2024.

URI, Falenria (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA St Arnoldus Janssen Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (460kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih didominasi oleh guru,sehingga peserta didik hanya menerima dan menghafal informasi yang disampaikan, kurang tersedia peluang bagi peserta didik untuk aktif berproses secara kreatif dalam rangka menemukan pengetahuan sendiri. Untuk memaksimalkan hal tersebut, pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep dan materi yang diajarkan sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan yakni model discovery learning Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA St Arnoldus Janssen Kupang Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X, dengan sampel kelas X A sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelas X B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest yakni 52,8 dan posttest nya meningkat menjadi 89. Berdasarkan uji anacova menunjukkan signifikan 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA St Arnoldus Janssen Kupang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning , Hasil Belajar, materi perubahan lingkungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Falenria Uri
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:37
Last Modified: 29 Oct 2024 01:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17917

Actions (login required)

View Item View Item