BAUTAEN, Yohana Maria L. (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membidik Nada Dal Am Lagu Pada Pahlawan Bagi Siswi-Siswi Kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Melalui Metode Solfegio Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (901kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (101kB) |
Abstract
Realita yang terjadi pada siswa - siswi kelas VIII SMP K Adisucipto Penfui adalah siswa - sis wi hanya dapat bernyanyi apabila langsung bernyanyi menggunakan kata - kata tanpa didahului membaca notasi . Mereka jarang bernyanyi yang diawali dengan membaca notasi, Faktor penyebabnya yakni siswa - siswi belum memiliki kemampuan dalam membidik nada. Data ini diperoleh hasil tes yang dilakukan dengan cara menunjuk beberapa siswa secara langsung untuk membaca not angka yang disusun secara berurutan maupun diacak. Permasalahan yang diangkat peneliti ini yakni bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ke mampuan membidik nada bagi siswa - siswi kelas VIII SMPK Ad isucipto Penfui. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan ke mampuan membidik nada bagi siswa - siswi kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah tindakan lapangan. Dalam hal Pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : metode yang digunakan dalam peningkatan membidik nada bagi siswa - siswi kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui adalah menggunakan metode solfegio yaitu dengan cara guru mel atih kemampuan pendengaran siswa dan ketepatan dalam membidik nada. U paya peningkatan kemampuan membidik nada bagi siswa - siswi kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, peneliti melakukan wawancara dengan guru seni budaya sekaligus perm intaan ijin dari kepala sekolah. Tahap inti, p roses latihan untuk meningkatkan kemampuan membidik nada melalui metode solfegio yang difokuskan pada kegiatan mendengar, membaca dan menyanyikan etude dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Pada Pahlawan. Tahap akhir, pementasan lagu Pada Pahlawan sesuai de n gan apa yang telah dilatih bersama . Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membidik nada melalui me tode solfegio membawa perubahan kepada siswa - siswi kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui , walaupun masih terjadi sedikit kesalahan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu siswa - siswi mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari esok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SM PK Adisucipto Penfui, Membidik Nada, Metode Solfegio, E kstrakurikuler . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 02:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:13 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1819 |
Actions (login required)
View Item |