Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Pengalaman, Dan Aksesibilitas Dengan Dimediasi Kepuasan Terhadap Niat `Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Danau Kelimutu

INOSENTIA, Yohanesta Paula (2024) Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Pengalaman, Dan Aksesibilitas Dengan Dimediasi Kepuasan Terhadap Niat `Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Danau Kelimutu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PELAGIAT.pdf

Download (473kB)

Abstract

Yohanesta Paula Inosentia 321 19 033 dengan judul penelitian “Pengaruh Citra Destinasi Kualitas Pelayanan, Pengalaman, Dan Aksesibilitas Dengan Dimediasi Kepuasan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Danau Kelimutu” dibawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Selfiana Goetha, SE, MM selaku Dosen Pembimbing II. Danau Kelimutu adalah salah satu keajaiban dunia, karena memiliki tiga danau dengan warna airnya masing-masing, sehingga membuat wisatawan datang untuk berkunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Perkembangan data wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Danau Kelimutu pada tahun 2018 – 2023 mengalami fluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran citra destinasi, kualitas pelayanan, pengalaman, aksesibilitas, kepuasan, dan niat berkunjung kembali wisatawan pada Danau Kelimutu (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh citra destinasi, kualitas pelayanan, pengalaman, aksesibilitas secara parsial terhadap kepuasan wisatawan pada Danau Kelimutu (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh citra destinasi, kualitas pelayanan, pengalaman, aksesibilitas secara parsial terhadap niat berkunjung kembali wisatawan pada Danau Kelimutu (4) untuk mengetahui kepuasan mampu memediasi pengaruh citra destinasi, kualitas pelayanan, pengalaman, aksesibilitas terhadap niat berkunjung kembali wisatawan pada Danau Kelimutu. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan wisatawan dalam negeri yang pernah berkunjung ke Danau Kalimutu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial (Partial Least Square/PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel citra destinasi, kualitas pelayannan, pengalaman, aksebilitas, kepuasan dan niat berkunjung kembali termasuk dalam kategori baik. Analisis PLS menunjukkan variabel citra destinasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan. Variabel kualitas pelayanan, pengalaman, dan aksesibilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan. Variabel citra destinasi dan pengalaman tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel niat berkunjung Kembali. Variabel kualitas pelayanan, aksesibilitas dan kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat beli kembali. Variabel kepuasan tidak mampu memediasi variabel citra destinasi, kualitas pelayanan dan aksesibilitas terhadap niat berkunjung Kembali. Variabel kepuasan mampu memediasi variabel pengalaman terhadap niat berkunjung Kembali. Pengelola Danau Kalimutu diharapkan memperkuat citra destinasi dengan mempromosikan keindahan alam Danau Kelimutu menggunakan foto dan video yang berkualitas tinggi dan cerita yang menarik untuk membuat wisatawan tertarik, sehingga berniat untuk mengunjungi kembali Danau Kelimutu. Pengelola Danau Kelimutu, diharapkan menjaga dan merawat keindahan alam serta keunikan yang dimiliki Danau Kelimutu, sehingga membuat wisatawan Berkunjung Kembali. Memastikan fasilitas, seperti informasi wisata, pemandu, dan layanan darurat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Pengalaman, Aksesibilitas, Kepuasan, Niat Berkunjung Kembali.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Yohanesta Paula Inosentia
Date Deposited: 28 Nov 2024 08:16
Last Modified: 28 Nov 2024 08:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item