Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kerajinan Kain Tenun Ikat Nowing Dan Kewatek (Studi Kasus Pada Kelompok Nulu Nuda, Desa Lamabelawa, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur)

ANGGO, Kristina Eflina (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kerajinan Kain Tenun Ikat Nowing Dan Kewatek (Studi Kasus Pada Kelompok Nulu Nuda, Desa Lamabelawa, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur). Undergraduate thesis, Univeritas Khatolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kerajinan Kain Tenun Ikat Nowing dan Kewatek (Studi Kasus Pada Kelompok Nulu Nuda Desa Lamabelawa Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur). Dalam penelitian ini penulis melihat bahwam kelompok Nulu Nuda mengalami kendala pada saat proses pemasaran usaha kain tenun ikat mereka. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk memperdalam bagaimana strategi komunikasi pemasaran usaha kerajinan kain tenun ikat nowing dan kewatek pada kelompok Nulu Nuda. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategy marketing mix 4P yaitu: product, price,plece and promotion. Untuk membahas kajian ini peneliti menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemasaran mempunyai peran penting dalam memasarkan hasil tenun ikat di kelompok Nulu Nuda diantaranya, product dimana kelompok Nulu Nuda dapat menghasilkan suatu produk kain tenun ikat Nowing dan Kewatek dengan memperhatikan bahan dasar yang digunakan, dan juga motif. Price dimana kelompok Nulu Nuda dapat menjual harga kain tenun ikat Nowing dan Kewatek dengan harga yang cukup berbeda dan juga dalam menjual hasil tenun ikat Nowing dan Kewatek kelompok mencari target untuk menjadi konsumen tetap. Place menjadi lokasi untuk pembuatan dan penjualan hasil tenunan kelompok dan price juga dapat menjadi tempat kelompok Nulu Nuda dalam mempromosikan produk kain tenun ikat Nowing dan Kewatek. Promotion menjadi suatu elemen yang sangat penting bagi kelompok Nulu Nuda dalam mempromosikan hasil tenunan dan yang menjadi media promosi kelompok Nulu Nuda yaitu facebook dan whatsApp. Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi komunikasi pemasaran dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran sangat penting dalam melancarkan usaha tenun ikat Nowing dan Kewatek yakni sebagai 4P (product,price,place and promotion). Adapun saran dalam penelitian ini yaitu bagi ibu-ibu tenun kelompok Nulu Nuda di Desa Lamabelawa lebih gencar lagi dalam mempromosikan hasil tenun ikat Nowing dan Kewatek di media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Tenun Ikat Nowing dan Kewatek, Kelompok Nulu Nuda.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kristina Eflina Anggo
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:50
Last Modified: 04 Dec 2024 03:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item