Analisa Kinerja Arus Lalu Lintas Berdasarkan Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus Pada Jalan Pulau Indah, Oesapa Kota Kupang)

DALE, Oswaldus Febriano Wawo (2024) Analisa Kinerja Arus Lalu Lintas Berdasarkan Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus Pada Jalan Pulau Indah, Oesapa Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (948kB)

Abstract

Transportasi merupakan komponen penting dalam pertumbuhan suatu wilayah salah satunya Kota Kupang. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Kupang adalah kota yang sedang berkembang, seperti kota-kota besar lainnya. Salah satu lokasi di Kota Kupang yang mengalami kemacetan yaitu jalan Pulau Indah, khususnya ruas jalan yang panjangnya 372 meter dari persimpangan jalan Samratulangi ke jalan Pulau Indah menuju persimpangan jalan Timor Raya. Menurut struktur jalan Pulau Indah Kota Kupang, ada beberapa bagian jalan yang rusak, berlubang, dan bergelombang. Metodologi penelitian yang berfungsi sebagai acuan atau pedoman untuk menggambarkan apa yang diperlukan dalam penelitian, mulai dari cara pengumpulan data, dan cara pengolahan data, harus dikembangkan agar dapat mencapai tujuan penelitian. Dimana metodologinya harus mudah dipahami berdasarkan pada metode kerja Data penelitian yang sumber dari data primer dan sekunder. Hasil observasi di segmen 1 dan 2 Jalan Pulau Indah menunjukkan bahwa kondisi jalan yang rusak dan bergelombang memengaruhi kecepatan kendaraan. Temuan studi ini juga menunjukkan bahwa salah satu Faktor yang menurunkan kinerja jalan atau kualitas layanan adalah hambatan samping yaitu Parkiran kendaraan atau kendaraan berhenti di area pertokoan, terutama di depan Toko Metro Jaya, mempengaruhi kinerja arus lalu lintas. Berdasarkan hasil penelitian Perlu adanya kebijakan pemerintah untuk membuat aturan yang lebih tegas tentang pengendara yang berhenti atau memparkirkan kendaraannya di sembarang tempat baik pada badan jalan atau lainnya dan para pemilik Toko besar pun menyediakan ruang parkir bagi pelanggan yang berbelanja, hal ini di lakukan untuk meningkatkan kinerja jalan yang lebih efektif dan efesien serta mengurangi hambatan pada arus lalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Jalan, Lalu lintas, Arus Lalu Lintas, Kendaraan, Hambatan Samping, Kinerja Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: OSWALDUS FEBRIANO WAWO DALE
Date Deposited: 04 Dec 2024 05:59
Last Modified: 04 Dec 2024 05:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item