NDAWANG, Mariana (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce Shopee oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. Undergraduate thesis, Universitas Katholik Widya Mandira.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (649kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DA SURAT KETERANGAN BEBAS PELAGIAT.pdf Download (463kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah kemudahan penggunaan shopee mempengaruhi Keputusan Pembelian oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. (2) Apakah persepsi harga di e-commerce shopee dan toko offline mempengaruhi keputusan pembelian oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. (3) Apakah voucher gratis ongkir mempengaruhi keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. (4) Apakah Penawaran Khusus pada tanggal istimewa di mempengaruhi keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. (5) Apakah sistem payment mempengaruhi keputusan pembelian oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unwira yang berjumlah 1.384 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesisoner. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan diolah menggunakan SPSS 24 yaitu Analisis analisis statistik deskriptif dan Analisis Statistic Inferensial. Dengan empat uji yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi(R2). Hasil analisis uji T menunjukkan bahwa beberapa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Untuk variabel kemudahan penggunaan Shopee (X1), diperoleh t hitung sebesar 4.495 dengan t tabel 1.986 dan signifikansi 0.000, sehingga H1 diterima, menunjukkan pengaruh positif. Variabel persepsi harga di E-Commerce Shopee dan toko offline (X2) juga berpengaruh signifikan, dengan t hitung 5.103, t tabel 1.986, dan signifikansi 0.000, yang berarti H2 diterima. Selain itu, voucher gratis ongkir (X3) menunjukkan t hitung 4.487, t tabel 1.986, dan signifikansi 0.000, sehingga H3 diterima. Namun, penawaran khusus pada tanggal istimewa (X4) tidak berpengaruh signifikan, dengan t hitung 1.624, t tabel 1.986, dan signifikansi 0.108, sehingga H4 ditolak. Untuk sistem payment (X5), t hitung 3.901 dan t tabel 1.986 dengan signifikansi 0.000 menunjukkan bahwa H5 diterima, berpengaruh positif. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan F hitung 38.220, F tabel 2.31, dan signifikansi 0.000, sehingga H1 diterima. Selain itu, koefisien determinasi (R²) sebesar 0.680 menunjukkan bahwa 68% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yang diteliti, sedangkan 32% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, persepsi harga, dan voucher gratis ongkir, sistem paymnet berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa di aplikasi e-commerce Shopee, sementara penawaran khusus pada tanggal istimewa tidak memiliki pengaruh yang signifikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Shopee, Persepsi harga e-commerce, Sistem payment, Keputusan Pembelian. |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan |
| Depositing User: | Mariana Ndawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 05:57 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 05:57 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
