Variasi Penggunaan Abu Cangkang Kemiri Pada Lapis Aspal Beton (Ac-Base) Menggunakan Metode Marshall

AMASANAN, Alfred Jejenus (2025) Variasi Penggunaan Abu Cangkang Kemiri Pada Lapis Aspal Beton (Ac-Base) Menggunakan Metode Marshall. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Konstruksi jalan merupakan suatu konstruksi yang menerima beban lalu lintas maka dari itu diharapkan suatu lapisan perkerasan jalan harus memiliki konstruksi perkerasan jalan yang kuat dan mampu menerima beban dari pengguna lalu lintas. Seiring dengan meningkatnya infrastruktur jalan maka semakin meningkat pula kebutuhan akan bahan dasar konstruksi perkerasan jalan, sehingga dituntut untuk mencari alternatif lain dengan menggunakan sumber daya alam yang tersedia, untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian guna mencari alternatif bahan campuran aspal dengan beragam komponen, salah satu komponen yang dimaksud ialah abu cangkang kemiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik material dari Quarry Pariti sebagai bahan penyusun campuran Laston (AC-BASE), mengetahui nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) yang di hasilkan campuran Laston AC-BASE dan mengetahui variasi abu cangkang kemiri 30%, 35%, 40% dan 45% sebagai bahan pengisi (filler) pada campuran aspal beton (AC-BASE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan karateristik fisik material dari quarry Pariti pada campuran Laston (AC-BASE) memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2. Nilai kadar aspal optimum yang didapat dari penelitian campuran aspal AC-Base adalah nilai kadar aspal minimum yang memenuhi spesifikasi ada 4,65 sedangkan nilai kadar aspal maksimalnya adalah 6 sehingga di peroleh nilai tengah dari kedua kadar aspal tersebut dengan menggunakan persamaan matematika dengan nilai minimum kadar aspal (a), nilai maksimum kadar aspal (b) sehingga nilai rentan tengah yaitu (a+b)/2 = (4,65 + 6)/2 = 5,325. Berdasarkan hasil pengujian pada variasi filler semen dan filler abu cangkang kemiri pada variasi 30%, 35%, 40% dan 45% untuk semua parameter marshall memenuhi Spesifikasi Bina Marga 2018 Revisi 2, yang berarti filler abu cangkang kemiri bisa digunakan dalam pekerjaan perkerasaan jalan raya Laston (AC-Base).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Filler, Semen, Abu Cangkang Kemir, Laston (AC-BASE)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Alfred Jejenus Amasanan
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:45
Last Modified: 17 Sep 2025 03:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item