DAU, Marwesly Saflisia (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Uang Elektronik Qris Sebagai Metode Pembayaran (Studi Kasus Pada “Konsumen Pengguna Qris Di Mall Lippo Plaza Kupang”). Undergraduate thesis, Universitas Katholik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (658kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (428kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PELAGIAT.pdf Download (670kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran di Mall Lippo Plaza Kupang. Faktor-faktor yang diteliti meliputi tingkat kemudahan, keamanan, dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden yang merupakan konsumen pengguna QRIS di Mall Lippo Plaza Kupang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, uji validitas dan reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menujukkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Promosi memperoleh nilai signifikansi = 0.000, yang artinya masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik persepsi konsumen terhadap kemudahan dan keamanan penggunaan QRIS, serta semakin efektif promosi yang dilakukan, maka semakin tinggi pula keputusan mereka untuk menggunakan QRIS. Selanjutnya, hasil pengujian secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS sebagai alat transaksi, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Promosi merupakan faktor-faktor krusial yang secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai alat transaksi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya bagi penyedia layanan QRIS dan pihak terkait untuk terus meningkatkan kemudahan dan keamanan penggunaan, serta mengoptimalkan strategi promosi guna mendorong adopsi dan penggunaan QRIS yang lebih luas di kalangan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | QRIS, Uang Elektronik, Keputusan Penggunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Promosi. |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HJ Public Finance Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan |
| Depositing User: | Marwesly Saflisia Dau |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:38 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 07:38 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
