KUSUMA, Hubertus Novianto (2025) Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Mohammad Hatta (Studi Kasus : Segmen Jalan Bergradien). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (608kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (839kB) |
Abstract
Kemacetan lalu lintas pada ruas jalan sering kali terjadi akibat kebiasaan pengendara yang menggunakan badan jalan untuk memarkir kendaraannya. Kondisi ini juga terjadi di Kota Kupang, khususnya di Jalan Mohammad Hatta, Kecamatan Oebobo yang merupakan kawasan dengan aktivitas tinggi seperti pusat perbelanjaan dan pelayanan Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir di badan jalan di Jl. Moh. Hatta, untuk mengetahui pengaruh parkir badan jalan terhadap kinerja ruas jalan di Jl. Moh. Hatta, untuk mengetahui Solusi pengendalian parkir di Jl. Moh. Hatta untuk memaksimalkan kinerja ruas jalan. Metode penelitian meliputi pengumpulan data primer melalui survei geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh, karakteristik parkir dan hambatan samping, serta data sekunder dari instansi terkait. Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, sedangkan untuk mengetahui pengaruh parkir badan jalan menggunakan pendekatan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan volume kendaraan parkir tertinggi terjadi pada hari kamis sebesar 995 kendaraan, dipengaruhi oleh keberadaan ruko dan rumah sakit di sepanjang jalan, analisis karakteristik parkir mengungkapkan akumulasi dan volume parkir tertinggi pada jenis kendaraan mobil penumpang (MP) di sisi kiri sebesar 14 Kendaraan/jam dan sisi kanan sebesar 17 kendaraan/jam, dengan durasi rata-rata parkir berkisar 0,16-0,50 jam, kapasitas parkir pada sisi kiri untuk sepeda motor (SM) sebesar 53,33 petak dan mobil penumpang (MP) sebesar 37,53 petak dengan indeks parkir maksimum mencapai 48 % untuk MP.Kapasitas jalan pada segmen 1 dan 2 nilai derajat kejenuhan (DJ) tertinggi 0,90 ≥ 0,85 (Tingkat Pelayanan E) yang menunjukkan kinerja tidak stabil, sementara segmen 3 memiliki DJ 0,78 ≤ 0,85 (Tingkat Pelayanan D) kinerja tergolong baik, pengaruh parkir badan jalan diperoleh model regresi terbaik diperoleh pada segmen 2 hari Jumat dengan persamaan y=0,0026x + 0,4289(R2=0,5116), menunjukkan bahwa semakin besar nilai PSV, semakin tinggi kemungkinan Kejenuhan lalu lintas. Solusi pengendalian melalui pembatasan parkir di badan jalan dan penambahan fasilitas parkir di rumah sakit serta ruko untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Parkir Badan Jalan, kemacetan lalu lintas, kinerja ruas jalan, derajat kejenuhan, PKJI 2023 |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Hubertus Novianto Kusuma |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 05:14 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 05:14 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
