PANIE, Tirvan Markus (2025) Pengaruh Lingkungan Kerja, Regulasi Diri, dan Kepemimpinan Instruksional Terhadap Kinerja Guru pada SMAN 8 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (943kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN PLAGIAT.pdf Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada SMAN 8 Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan kerja, regulasi diri, dan kepemimpinan instruksional terhadap kinerja guru. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 guru yang juga menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan Smart PLS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap variabel lingkungan kerja, regulasi diri dan kepemimpinan instruksional, dan kinerja guru dikategorikan baik. Hasil pengujian hipotesis, variabel kepemimpinan instruksional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan lingkungan kerja dan regulasi diri berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukan bahwa peningkatan kinerja guru lebih ditentukan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan arahan, motivasi, dan dukungan dalam proses pembelajaran, dibandingkan dengan kondisi lingkungan kerja maupun regulasi diri guru. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penguatan kepemimpinan instruksional. Kontribusi variabel lingkungan kerja, regulasi diri, dan kepemimpinan instruksional terhadap kinerja guru dikategorikan kuat. Berdasarkan analisis tersebut, disarankan kepada kepala sekolah perlu dilakukan evaluasi dan rekomendasi bagi pihak sekolah dalam meningkatkan efektivitas kinerja guru melalui penguatan budaya lingkungan kerja dan penerapan pelatihan untuk meningkatkan regulasi diri guru yang konsisten.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Lingkungan Kerja, Regulasi Diri, Kepemimpinan Instruksional Dan Kinerja Guru |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
| Depositing User: | Tirvan Markus Panie |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:08 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 07:08 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
