RISU, Venesia Septina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Siswa SMP. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (700kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (634kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan One – group pretest – posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas VII SMP N 6 kupang Tengah dan sampel kelas VIIC. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes subjektif yang berbentuk esay dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0. Pengujian normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov – Smirnov Test pada data pretest dan posttest sebagai prasyarat sebelum dilakukan uji hipotesis. Hasil tes dan wawancara diperoleh kemampuan pemahaman matematis siswa meningkat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Hasil analisis uji normalitas data pretest diperoleh = 0,126 0,264 = dan data posttest diperoleh = 0,154 0,264 = yang berarti diterima atau data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample Test, diperoleh = 41,663 2,063 = . Berdasarkan syarat uji t dan kriteria penerimaan dan penolakan H0 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak atau diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP N 6 Kupang Tengah tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)kemampuan pemahaman matematis siswa meningkat dan pembelajaran terlaksana dengan baik; (2) model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Kemampuan Pemahaman Matematis. ABSTRACT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 05:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 05:36 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |