Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

FAOT, Elisabeth Iga M. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one-grup Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 26 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan Posttest dari kelas eksperimen dengan model pembelajaran peer tutoring. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0. sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian prasyarat yaitu uji normalitas untuk pretest dan posttest. Dari hasil analisis data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2- tailed ) = dan Dengan demikian, terima yang berarti data berdistribusi normal. Sedangkan untuk data Posttest Asymp.Sig.( 2- tailed ) = Dengan demikian, terima yang berarti berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample Test, setelah data dianalisis diperoleh nilai sig. ( 2-tailed ) = 0.000. Sedangkan dengan df , diperoleh df = 25 dengan taraf signifikan diperoleh ( ) dan maka dapat simpulkan tolak dan terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran peer tutoring dan pada peningkatan komunikasi matematis berdasarkan perhitungan uji N-Gain , menunjukan rata-rata 19,82 sedangakan hasil perhitungan N-Gain yaitu 0,762307692 termaksud dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menujukan bahwa model pembelajaran peer tutoring berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa.. oleh karena itu penulis menyarankan kepada para guru agar menggunakan model pembelajaran peer tutoring pada pembelajaran dikelas sesuai dengan materi yang akan di ajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peer tutoring, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 26 Aug 2020 05:45
Last Modified: 26 Aug 2020 05:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item