SOLA, Agung Serafina Bate (2017) Hubungan Antara Efikasi Diri (Self-Efficacy) Dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa ( Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa Program Studi BK Semester IV Kelas A Tahun Akademik 2016/2017). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
FILE ABSTRAK.pdf Download (555kB) |
|
Text
FILE BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
FILE BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
FILE BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
FILE BAB IV.pdf Download (353kB) |
|
Text
FILE BAB V.pdf Download (103kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling semester IV kelas A tahun akademik 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling semester IV kelas A tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 5% dengan db = n – 2 = 45 – 2 = 43. Hasil penelitian ini menunjukkan rhitung =0,524. Hasil ini lebih besar dari rtabel = 0,301 pada taraf signifikansi 5%. Artinya rhitung> rtabel. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Nol (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling semester IV kelas A tahun akademik 2016/2017 ditolak dan Hipotesis Alternatif ( Ha) yang berbunyi ada hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling semester IV kelas A tahun akademik 2016/2017 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan saran kepada: 1) Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling selaku penanggung jawab program studi supaya bekerja sama dengan para dosen mata kuliah dan dosen penasehat akademik untuk mendampingi dan mendorong mahasiswa agar dapat meningkatkan efikasi diri sehingga mahasiswa bisa belajar secara mandiri. 2) Dosen diharapkan agar tetap memberikan sumbangan pemikiran melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa meningkatkan efikasi diri sehingga mahasiswa mampu mengembangkan kemandirian belajar. 3) Mahasiswa diharapkan agar lebih memahami dan mampu mengembangkan efikasi diri agar bisa meningkatkan kemandiriannya dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 05:28 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 05:28 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3105 |
Actions (login required)
View Item |