Penerapan Irama Bossa Nova Dalam Permainan Cajon Dengan Lagu Model Bolelebo Menggunakan Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Perkusi SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun 2018

Jelau, Maria Florida Rufina (2018) Penerapan Irama Bossa Nova Dalam Permainan Cajon Dengan Lagu Model Bolelebo Menggunakan Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Perkusi SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik, mengekspresikan musik kedalam lagu, sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu penerapan irama bossa nova dalam permainan cajon pada siswa/siswi SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah proses penerapan irama Bossa Nova dalam permainan Cajon dengan model lagu Bolelebo pada siswa-siswi SMPK St.Yoseph Naikoten minat perkusi menggunakan metode meniru dan metode drill. Adapun tujuan penelitiannya yakni untuk mendeskripsikan proses penerapan irama Bossa Nova dalam permainan Cajon dengan model lagu Bolelebo pada siswa-siswi SMPK St.Yoseph Naikoten minat perkusi. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan yakni tindakan lapangan, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan irama bossa nova dalam permainan cajon dilakukan dimulai dari pengenalan tentang alat musik cajon, teknik permainan cajon dan permainan cajon dengan irama bossa nova sebagai iringan lagu model bolelebo. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam permainan cajon terletak pada penempatan teknik pukulan yang belum tepat, posisi tangan yang belum sempurna dan tempo yang belum stabil. Hal ini diatasi dengan cara memberikan contoh dan diikuti oleh peserta didik kemudian dilakukan latihan berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran cajon memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan alat musik cajon dalam permainan perkusi dan peserta didik terbantu untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cajon, Bossa Nova, Lagu model, Ekstrakurikuler, Metode meniru dan drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:05
Last Modified: 13 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item View Item