Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka

ANDRADE, Maria Teresa D.J. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan sebagian Peserta Didik kurang aktif. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Salah satunya yaitu model Pembelajaran discovery, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui artikel-aritkel berupa skripsi,buku-buku, internet,dan juga jurnal, data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis untuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang ditelitidan selanjutnya penulis akan mengidentifikasi sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian terdahulu dengan menerapkan model pembelajaran discovery menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest semuanya mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest.Hai ini disebabkan karena model pembelajaran discovery suatu model untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri dilakukan melalui proses mental dimana peserta didik mampu mengasimilasikan sesuatu konsep atau prinsip, pelajaran tidak disajikan dalam bentuk finalnya,tetapi diharapkan peserta didik mengorganisasikan sendiri agar peserta didik cenderung kuat mengingat konsep yang mereka temukan sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada penggaruh model pembelajaran discovery pengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik melalui studi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:06
Last Modified: 22 Oct 2021 01:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item