WEA, Febrianus Djo (2021) Penerapan Kemampuan Interpretasi Akor Dalam Permainan Keyboard Lagu Bapa Engkau Sungguh Baik Dengan Metode Discovery Learning Pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
abstrak ryand.pdf Download (694kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (349kB) |
Abstract
Dalam memainkan sebuah alat musik dan interpretasi akor, perlu ada dasar teoretis dan pelatihan keterampilan secara khusus dan serius. Penguasaan teori dan keterampilan yang baik oleh seniman akan berdampak langsung pada kemampuan menginterpretasi akornya. Akor yang dihasilkan akan memenuhi kaidah dan unsur-unsur dalam musik. Penerapan interpretasi akor dalam permainan keyboard ini membutuhkan pengetahuan tentang teori musik dan ilmu harmoni sebagai syarat utama. Melihat kemampuan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Musik yang kurang mengerti dan memahami materi interpretasi akor Maka Penelitian ini berfokus pada pembelajaran interpretasi akor, terhadap mahasiswa semester IV dengan asumsi bahwa subjek penelitian sudah mampu memainkan alat musik keyboard dengan teknik iringan dan pola akor dan sudah lulus dalam mata kuliah teori musik dan harmoni. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatan kemampuan menginterpretasi akor dalam permainan keyboard dengan Metode yang digunakan adalah metode discovery learning dan desain penelitiannya adalah peneliti menjelaskan pengertian interpretasi secara umum, penjelasan akor-akor dan Passing Chord, melihat perkemabangan dari subjek penelitian dan menganalisis hasil interpretasi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning sangat membantu subjek penelitian dalam menginterpretasi akor karena melalui metode ini, mereka diberi kebebasan seluas-luasnya dalam berkreasi khususnya dalam iringan tanpa mengabaikan prinsip harmoni. Hal ini dapat dilihat dari penemuan akor baru yang lazim digunakan dalam lagu pop oleh karena referensi yang juga merupakan pegangan dari subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interpretasi akor dengan metode discovery learning, mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berekspresi secara bebas tanpa mengabaikan prinsip harmoni.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpretasi, akor, Discovery Learning, teori musik, harmoni, piano, lagu model, lagu pop, referensi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 12 May 2022 04:36 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:36 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5215 |
Actions (login required)
View Item |