Efektivitas Pembelajaran IPA Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPK St. Pius X Lewoleba

BUNGA, Maria Yosefa (2021) Efektivitas Pembelajaran IPA Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPK St. Pius X Lewoleba. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang sedang dilanda oleh pandemi covid-19. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampak dari pandemi covid-19, salah satunya SMPK St. Pius X Lewoleba . Dimana proses pembelajaran secara tatap muka tidak dilaksanakan. salah satu solusi agar proses pembelajaran tetap dilaksanakan yakni dengan menerapkan pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui efektivitas pembelajaran IPA pada masa pandemi covid-19 di SMPK St.Pius X Lewoleba. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket melalui google form pada peserta didik kelas VII A SMPK St. Pius X Lewoleba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring cukup efektif dengan hasil persentase 76%, akses belajar secara daring sangat efektif dengan persentase 85% , dukungan belajar secara daring cukup efektif dengan persentase 75%, reaksi tugas belajar secara daring cukup efektif dengan peresentase 71%, kendala mata pelajaran cukup efektif dengan persentase 62%, materi belajar secara daring cukup efektif dengan peresentase 75%, media belajar secara daring sangat efektif dengan persentase 82% dan kejelasan istruksi sangat efektif dengan persentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran IPA pada masa pandemi covid-19 kelas VII A di SMPK St. Pius X Lewoleba berjalan efektif dengan rata-rata persentase 76,37%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran IPA, Covid-19, Pembelajaran Secara Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 May 2022 02:24
Last Modified: 24 May 2022 02:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item