PENERAPAN TEKNIK SHAPING MELALUI KONSELING BEHAVIORAL UNTUK PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH

OBENU, Natalia (2021) PENERAPAN TEKNIK SHAPING MELALUI KONSELING BEHAVIORAL UNTUK PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (297kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah 1) mengapa teknik shaping melalui konseling behavioral digunakan untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah? 2) bagaimana prosedur penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah? dan 3) apakah penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral efektif untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) alasan penggunaan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah, 2) prosedur penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah, dan 3) efektivitas penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan. Objek kajian dalam penelitian ini adalah teknik shaping melalui konseling behavioral dan disiplin siswa di sekolah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan jenis data adalah data kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa alasan teknik shaping melalui konseling behavioral digunakan untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah karena teknik ini bermanfaat untuk membentuk perilaku baru, memunculkan kembali perilaku yang sebelumnya sudah pernah muncul, dan mengubah beberapa dimensi perilaku yang dimunculkan seseorang. Prosedur penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah dilaksanakan melalui tahapan konseling behavioral dan tahapan teknik shaping. Hasil kajian membuktikan bahwa teknik shaping efektif untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, diberikan saran kepada 1) Pembaca, diharapkan dapat memperdalam pengetahuan, pemahaman, wawasan, dan menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mengkaji lebih lanjut mengenai penerapan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah. 2) Penulis, diharapkan untuk lebih memahami dan menguasai teori dan keterampilan dalam menerapkan teknik shaping melalui konseling behavioral untuk peningkatan disiplin siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 13 May 2022 05:51
Last Modified: 13 May 2022 05:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item