Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Di Tinjau Dari Pengetahuan Prosedural

TIMU, Rosalinda (2021) Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Di Tinjau Dari Pengetahuan Prosedural. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika yang siswa miliki berdasarkan pengetahuan prosedural. Manfaat dari penelitian ini adalah menjadi bahan masukan bagi guru dalam mengambil langkah - langkah tentu untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa SMP berdasarkan pengetahuan prosedural pada pelajaran matematika. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Katolik Santo Yoseph Kupang yang berjumlah 30 orang siswa, dan menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP dengan pengetahuan prosedural adalah sebagai berikut: siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matemamatika tinggi mampu memecahkan masalah sesuai dengan pengetahuan prosedural dengan cepat dan tepat, dan mampu menyelesaikan ketujuh indikator. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika sedang memiliki daya serap yang kuat serta selalu memilih cara pintas untuk mencapai tujuan masalah, baik secara tulisan maupun lisan, dan mampu menuntaskan empat indicator. Sedangkan untuk siswa dengan pemahaman konsep matematika rendah, dalam pemecahan masalah sudut dengan pengetahuan prosedural subyek ini hanya mampu menuntaskan dua dari ketujuh indikator pengetahuan prosedural. Berdsarkan hasil penelitian ini, sangat diharapkan agar guru bidang studi matematika siswa SMP lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dengan membiasakan siswa menyelesaikan soal atau masalah apapun yang diberikan. Dengan kemampuan yang di miliki siswa berbeda, maka perlu ada perhatian kusus atau lebih terhadap siswa yang memiliki kemampuan rendah agar di kemudian hari siswa mampu mempertanggungjawabkan hasil kepada siapapun. Dengan demikian siswa lebih memahami materinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:04
Last Modified: 08 Jun 2022 02:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5587

Actions (login required)

View Item View Item