NAHAK, Anselmus Bria (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Vii Smpk St. Yoseph Kupang Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (326kB) |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Noneevaqualent Control Gruop Design, pada design ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas eskperimen pretestnya 60.78 dan posttestnya 78.12 sedangkan kelas kontrol pretestnya 50.16 dan posttes 61.09. Pada taraf signifikan 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPK St. Yoseph Kupang tahun ajaran 2019/2020 ditolak dan konsekuensinya Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelasVII materi pokok Klasifikasi Makhluk HidupTahun Ajaran 2019/2020. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII Smpk St. Yoseph Kupang Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Strategi Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Kognitif, Klasifikasi Makhluk Hidup. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Rhysto Kila |
Date Deposited: | 20 May 2022 03:19 |
Last Modified: | 20 May 2022 03:19 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6179 |
Actions (login required)
View Item |