Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Melalui Studi Literatur

BOE, Dominika (2021) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Melalui Studi Literatur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pengembangan model pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan segalah usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang diteliti. Data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari sumber skripsi dan juga jurnal pendidikan yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari delapan pustaka yang diambil menunjukan bahwa rata-rata nilai posttes pada hasil belajar biologi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi peserta didik pada kelas kontrol. Selain itu hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel dan nilai siginifikansi p<α. Hal ini berarti model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik berdasarkan studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning,Hasil Belajar Biologi, Studi Literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 17 May 2022 05:02
Last Modified: 17 May 2022 05:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item