Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp

SEKO, Oki Pebriani (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Lotas pada pokok bahasan aritmatika sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri Lotas tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri Lotas tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 orang siswa yang dipilih secara acak dari 3 kelas yang tersedia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi dan tes prestasi belajar siswa sebanyak 15 butir soal berbentuk pilihan ganda. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil observasi, pencapaian indikator, dan uji-t. Berdasarkan hasil pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray tergolong sangat baik karena kegiatan guru dalam mengelolah pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disiapkan dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa tergolong baik karena nilai rata-rata capaian indikator prestasi belajar matematika siswa sebesar 76,26. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 5%, thitung = 30,475 > ttabel = 2,064 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray , Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 23 May 2022 00:21
Last Modified: 23 May 2022 00:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item