Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

FEKA, Wenifrida (2016) Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)

Abstract

Keterampilan Sosial adalah kemampuan untuk mengatasi masalah yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan dan menyesuaikan diri dengan aturan Berpikir kritis adalah berpikir yang beralasan dan reflektif yang menekankan pada pengambilan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan dilakukan. Model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud menyusun pengetahuan mereka sendiri, keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu berpikir kritis dan berpikir kreatif. Masalah utama dalam skripsi ini adalah (a) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) yang diterapkan pada materi koloid siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016? (b) Adakah hubungan antara keterampilan sosial siswa dengan hasil belajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) pada materi koloid SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016? (c) Adakah pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) yang diterapkan pada materi koloid siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) yang diterapkan pada materi koloid siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016?(b) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan sosial siswa kelas XI IPA 4 dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) materi koloid SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016. (c) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) pada materi koloid siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,81dan reliabilitas 97,72%.(2)ketuntasan indikator dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) dinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,96, ketuntasan indikator angket spiritual 0,88, ketuntasan indikator sikap sosial 0,83, ketuntasan indikator angket sosial 0,88, (3) ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 0,87, (4) ketuntasan indikator psikomotor 0,92, ketuntasan indikator portofolio ketuntasan indikator presentasi 0,84 ketuntasan indikator THB Proses 0,85 ketuntasan indikator proyek 0,92 ketuntasan indikator produk 0,95 (4) ada hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dengan hsil belajar yang ditunjukan dengan nilaia rx1 = 0,694 (5)ada hubungan antara berpikir kritis dengan hasil belajar belajar yang ditunjukan dengan nilaia rx2 = 0,434 (6) ada hubungan antara keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar yang ditunjukan dengan nilaia rx1x2 y = 0,318 (6) ada pengaruh antara keterampilan sosial terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai ẙ = 60,56 + 0,314x (7) ada pengaruh antara berpikir kritis terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan ẙ = 66,917 + 0,24x(8) ada pengaruh antara keterampilan dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar yang ditunjukan ẙ = 55,67 + 0,28x + 0,09. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) efektif diterapkan pada materi koloid untuk siswa kelas XI IPA 4 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:18
Last Modified: 14 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item