Efektivitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

TUKAN, Viktoria Nole (2022) Efektivitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Judul skripsi : penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Masalah yang dikaji yaitu 1) mengapa teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa?, 2) bagaimana prosedur penggunaan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa?, dan 3) apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa? Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui : 1) alasan penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemadirian belajar siswa, 2) prosedur penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, 3) efektifitas penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penulisan skripsi ini menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian pada penulisan skripsi ini adalah teknik modelimg simbolis, bimbingan kelompok dan kemandirian belajar, dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembahasannya sebagai berikut. Peneliti menggunakan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa karena teknik modeling simbolis bertujuan untuk membentuk tingkah laku baru pada siswa dengan cara meniru, mengobservasi dan menyesuaikan dirinya dengan perilaku model yang ditiru. Prosedur penggunaan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dilaksanakan melalui empat tahap layanan bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Pada tahap kegiatan bimbingan kelompok konselor menggunakan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut: rasional, memberi contoh, praktek dan latihan, pekerjaan rumah dan evaluasi. Efektifitas teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dibuktikan dengan artikel hasil penelitian Astuti (2015), Fitriani (2019), dan Wati (2018). Bertolak dari hasil kajian di atas, maka peneliti memberikan saran kepada; (1) Guru BK diharapkan untuk memperdalam pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mengenai penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. (2) Penulis diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:19
Last Modified: 18 Jun 2022 01:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item