Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri Harekakae Kabupaten Malaka Tahun Ajaran 2021/2022

BEREK, Maria Selsia (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri Harekakae Kabupaten Malaka Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)

Abstract

Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran di kelas cenderung menggunakan metode pembelajaran yang hanya berpusat pada guru tanpa adanya peran aktf peserta didik. Upaya yang dilakukan pendidik untuk mengatasi permasalahan terkait dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan salah satunya adalah model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri Harekakae Kabupaten Malaka Tahun Ajaran 2021/2022 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dan Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design. Data dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata pretest 33,75 dan postets 81,07 dan N-Gain 0,70, pada kelas kontrol rata-rata pretest 28,03 dan postets 73,21, N-gain 0,63. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sing) 0,000

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Perubahan Lingkungan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Maria Selsia Seuk Berek
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:44
Last Modified: 20 Jul 2022 04:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item