Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Pada Siswa Kelas VIII Di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

PANTUR, Afradius (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Pada Siswa Kelas VIII Di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (608kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakanyaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem pernapasan pada manusia pada siswa kelas VIII di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem pernapasan pada manusia pada siswa kelas VIII Di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November, Di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Postest Design dan di analisis secara statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas (85.84) dan secara klasikal, tuntas (100%). Rarata indikator 0,85 (tuntas), dan 0,46 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 98,28 % (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,77 (baik), dan reliabilitas instrumennya 97,13 % (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam pembelajaran biologi materi Pokok sistem pernapasan pada manusia pada siswa kelas VIII Di SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, One Group Pretest-Postest Design, sistem pernapasan pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:26
Last Modified: 19 Aug 2022 05:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item