HAUSUFA, Aida (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMP Negeri 2 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (144kB) |
Abstract
Pendidikan adalah upaya pengembangan potensi peserta didik. Maka peserta didik harus dipandang sebagai organisme yang terus berkembang serta memiliki potensi. Tugas pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, bukan menjejalkan materi pelajaran atau memaksa agar peserta didik dapat menghafal materi tanpa memahaminya. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran melibatkan kelompok kecil yang dibentuk secara heterogen baik dari aspek intelektual, ras, suku, budaya dan jenis kelamin untuk bekerjasama dalam belajar, dimana sebagai suatu tim/ kelompok untuk menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian adalah melalui pendekatan NHT (Numbered Heads Together). Kelebihan dari pembelajaran ini adalah jenis pembelajaran Kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2013/ 2014. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIIA dan Penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan Desain penelitianya One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 85,26 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,84 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,49 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95,81 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,78 (baik), dan reliabilitas instrumennya 98,06 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang Tengah tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together. Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Efektivitas, Hasil Belajar Siswa, One Group Pretest-Posttest Design. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.KM Ustyn Ceme |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 05:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 05:38 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |