MIGO, Blasius (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (172kB) |
Abstract
Seorang guru mempunyai tanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan disekolah. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mencari cara agar peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan Snowball Trowing pembelajaran dilakukan dengan cara diskusi kelompok sehingga siswa lebih aktif dan dapat bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompoknya, mereka juga belajar membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan, menunggu giliran dan mereka saling memberikan informasi pengetahuan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII materi pokok ciri-ciri makhluk hidup di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII materi pokok ciri-ciri makhluk hidup di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan rancangan one group pretest-postest design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 81,2% (2) Ketuntasan klasikal 0,88% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,84 (4) Sensivitas butir soal 0,32 (5) Kemampuan guru baik dengan skor rata-rata 3,20 (6) Aktivitas yang paling menonjol adalah mengerjakan LKS dan berdiskusi dengan teman kelompok dengan rata-rata 41,90% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan Snowball Throwing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing, model pembelajaran kooperatif, one group pretest- postest design, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:02 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7843 |
Actions (login required)
View Item |