KEHI, Leonardus (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok Dengan Lagu Model ‘Mai Fali E’ Menggunakan Sistem Fixed-Do Dengan Nada Dasar Do = F Dan Nada Dasar Do = G Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang Melalui Metode Solfegio. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) |
Abstract
Pembelajaran membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik ini adalah salah satu kegiatan pembelajaran sekaligus pengembangan kemampuan mahasiswa dalam membaca notasi balok yang dimilikinya. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas metode solfegio dalam pembelajaran solmisasi dengan sistem fixed-do? dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan lagu model „Mai Fali E‟ menggunakan sistem fixed-do dengan nada dasar do=f dan nada dasar do=g pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang melalui metode solfegio? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan metode solfegio dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca notasi balok menggunakan sistem fixeddodengan lagu model „Mai Fali E„ dan bagaimana proses pembelajarannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do berlangsung dalam 2 (dua) tahapan, yaitu yang pertama tahapan pra-pembelajaran yang difokuskan pada perekrutan anggota dan penentuan jadwal latihan. Tahapan yang kedua yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran. Dalam tahapan ini penelitian difokuskan pada pemberian materi sistem fixed-do dan materi nilai-nilai not, proses latihan membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-dosampai pada pementasan hasil latihan. Metode pembelajaran yang digunakan bukan hanya metode solfegio akan tetapi disandingkan dengan metode meniru sebagai metode pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, upaya peningkatan kemampuan membaca notasi balok dengan lagu model „Mai Fali E‟ menggunakan sistem fixed-do dengan nada dasar do=f dan nada dasar do=g pada mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang melalui metode solfegio ini berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pementasan membaca notasi balok menggunakan sistem fixed-do.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode solfegio, sistem fixed-do, sillaby kromatis, notasi balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 05:42 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 05:42 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8689 |
Actions (login required)
View Item |