JEBARUS, Yustinus Silo (2015) Eksplorasi Gerakan Bercocok Tanam Dalam Komposisi Tari Menggunakan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Pada Kelompok Minat Tari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
Pembelajaran tari pada kelompok minat tari Program Studi Sendratasik Kupang ini adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler Program Studi Sendratasik, dimana siswa ditempah kemampuannya dalam menari sekaligus untuk meningkatkan bakat seni yang dimilikinya. Penggunaan metode pengajaran yang diberikan oleh guru sangat menentukan akan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran yang dimaksud. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses eksplorasi gerakan bercocok tanam ke dalam komposisi tari pada kelompok minat tari mahasiswa program studi sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang? Bagaimana pengaruh belajar aktif model pengajaran terarah terhadap perkembangan belajar eksplorasi tari pada kelompok minat tari mashasiswa program studi sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang? Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui proses eksplorasi tari ke dalam komposisi tari pada kelompok minat tari mashasiswa program studi sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang; untuk mengetahui pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman komposisi tari pada kelompok minat tari mashasiswa program studi sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yakni penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah. Dalam kaitanya dengan eksplorasi gerakan ini, penerapan metode dilakukan secara bertahap, sebanyak tiga tahap, yaitu: 1) pra kegiatan, dimana peneliti bersama kelompok minat tari mahasiswa Prodi Sendratasik melakukan penjelajahan gerakan pada tempat penanaman kangkung, 2) penerapan eksplorasi, dimana data-data yang telah diperoleh disortir untuk selanjutnya dijadikan ide dasar modifikasi tari, 3) tahap akhir, dimana tari yang telah dimodifikasi dipentaskan. Setelah melakukan ketiga tahap diatas barulah kelompok menyadari bahwa kesenian adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan dari situ tumbuh rasa cintanya terhadap pelajaran seni tari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan eksplorasi gerakan bercocok tanam pada kelompok minat tari mahasiswa Program Studi Sendratasik menggunakan metode belajar aktif model pengajaran terarah berhasil dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksplorasi Gerakan Tari, Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 23:45 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 23:45 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8762 |
Actions (login required)
View Item |